Friday, July 16, 2010

Jaljalut Sughra


Bait Jalajalut Sughra


Bait Jaljalut Shugra ini saya terjemahkan dari kitab " Manba'u Usulil Hikmah ", Disusun oleh Sayyidina Al-Imam As-Syeikh Al-Bahr Ahmad Ibni Ali Al-buuny, Jaljalut merupakan Bait-Bait Ilmu Hikmah yg mempunyai ke khususan dan ke ghaiban pada setiap baitnya, Alloh S.W.T meletakkan rahasia-rahasia didalam bait Jaljalut ini Ilmu-Ilmu ghaib dan ke khususan2 bagi pembacanya, bait Jaljalut terbagi dua bagian Sughra 60 Bait dan Qubra 360 Bait, Dalam kesempatan ini saya coba terjemahkan Bait Jaljalut Sughra 60 bait secara berurutan, Inilah Bait pertama dari  Jaljalut Sughra :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Bada'tu Bi bismillahi Ruuhii bihi ihtadat
Ila Kasyfi Asrori bi batinihi intowat

Khasiat dan Kegunaan

Barang siapa yang senantiasa ( Istiqomah ) membaca Bait di atas setaiap hari 30 x, Maka dia akan dicintai oleh semua mahluq, Mempunyai wibawa yg sangat, Dan diangkat derajatnya pada kedudukan yg tinggi.

Barang siapa yang senantiasa membaca bait di atas setiap hari 18 x, maka akan terpanccar dari dalam hatinya berbagai macam Ilmu Hikmah serta dihilangkan dari hatinya kegelapan hati.

Dan ketahuilah sesungguhnya pada Bait ini mengandung Rahasia Basmalah yg agung, Dan telah banyak sekali para Ulama salafus sholih yg mengetahui kekhususan2 dari Basmalah Asy-Syarifah, Sebagian dari kekhususan Basmalah adalah :

1. Barang siapa yg memperbanyak membaca Basmalah, Maka Alloh S.W.T  akan memberikan kewibawaan yang sangat, Sehingga disegani oleh para penduduk langit & bumi.
2. Barang siapa yang menulis Basmalah 100 x pada kertas kemudian dia bawa serta tulisan tsb olehnya, maka setiap manusia yg melihat padanya akan segan ( wibawa )
3. Diriwayatkan dari Abdulloh bin Umar R.A, telah bersabda Rosululloh S.A.W :
" Barang siapa yang mempunyai hajat kepada Alloh S.W.T, maka berpuasalah 3 hari yg dimulai pada hari Rabu, apabila sampai pada hari Jum'at Mandilah dan berangkatlah segera ke Mesjid Jami' dan besodaqohlah dengan sesuatu ( Makanan & Uang ), Apabila selesai menunaikan Sholat Jum'at bacalah Do'a dibawah ini 1x, inilah Do'a yg dimaksud :

Allohumma inni as-aluka bi ismika Ar-rahmani Ar-rahimi, Allohu la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu, La ta'khuduhu sinatuw wala naum, lahu ma fis samawati wama fil ardi man dzal ladzi yasyfa'u indahu illa bi idznihi ya'lamu ma baina aydiihim wa ma kholfahum alladzi 'anat lahul wujuhu wa khosya'at lahul aswatu wa wajilatil qulubu min khosyyatihi as-aluka an tusolliya wa tusallima 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa antaqdiya hajatii wa hiya kadza wa kadza ( Kadza wa kadza sama dengan ......... sebutkan apa yg menjadi hajatnya ).

Bersabda Rosululloh S.A.W  " Janganlah engkau ajarkan tentang ini kepada orang yg bodoh, karena Amaliah ini Mustajab ( takut disalah gunakan" ).

3. Dari sebagian ke khususan Basmalah adalah apabila seseorang membaca Basmalah sejumlah hurufnya ( Secara Abajadun ) yaitu 786 x, dibaca tiap selesai sholat maghrib selama 7 hari berturut-turut ( tdk boleh putus ) untuk niat apa saja seperti menarik kebaikan ( pelet, menarik pembeli, pengobatan dll ) atau untuk mencegah segala keburukan, marabahaya dll, sesungguhnya mustajab seketika.

4. jika seseorang membaca basmalah 21 x ketika akan tidur, maka Alloh S.W.T memberikan keamanan dan penjagaan pada malam itu kepada orang tsb dari godaan Setan, pencurian, Maut mendadak, serta dicegah dari segala macam mara bahaya.

5. Apabila Basmalah dibaca 50 x, didepan orang yg Dzolim, maka Alloh S.W.T akan menghinakan orang dzolim tsb, dan menjadikan si pembaca berwibawa dihadapan orang dzolim tsb serta di jaga oleh alloh dari kejahatan nya.

6. Barang siapa yg membaca Basmalah 300 x, sambil menghadap matahari ketika terbit ( jam 6 - 7 ), kenudian membaca Sholawat nabi 300 x ( Sholawat apa saja ), Maka Alloh S.W.T akan memberikan Rizqi yang tidak dia sangka sangka, dan Alloh jadikan dia seorang yang kaya raya.

7. Dari kekhususan Basmalah adalah, Apabila dibcakan basmalah tsb 786 x pada air, kemudian air tsb diminumkan kepada orang yang anda cintai, maka orang yg meminum air tsb akan mencintai anda dengan kecintaan yg sangat.

8. Apabila Basmalah dibaca 786 x pada air selama 7 hari berturut-turut, lalu diminumkan pada seseorang yang berotak bodoh/susah untuk menghafal dll, Maka hilang lah penyakit bodohnya orang tsb, Dan dia akan mampu menghafal apa yang dia dengar.

9. Dari sebagian kekhususan Basmalah adalah, Barang siapa yg senantiasa membaca Basmalah 2500 x  selama 41 hari berturut - turut dibaca setiap setelah selesai Sholat Shubuh, Maka Alloh S.W.T akan memenuhi hatinya dengan berbagai rahasia2 yg Ajaib, dan dia senantiasa dapat melihat didalam mimpinya segala sesuatu yg akan terjadi di alam dunia ini, Serta dia dapat mengetahui kemanfa'ata dari semua ciptaan Alloh ( Ladunny ).

10. Barang siapa yg mempunyai suatu hajat yg penting sekali, Maka berpuasalah 1 hari yaitu pada hari kamis, berbuka hanya denga kurma atau kismis kering, setelah sholat magrib ( sehabis buka puasa ), Bacalah Basmalah 121 x, kemudian Sholat sunat hajat 2 Roka'atdengan niat Li Qodoil Hajat, Kemudian bacalah Basmalah tanpa hitungan dan tidak boleh terpotong dengan ucapan - ucapan dunia ( Tdk berbicara pada siapapun ketika dzikir Basmalah tanpa hitungan ), apabila waktu Isya sholat dulu, kemudian di teruskan lagi membaca Basmalah tanpa hitungan sampai tidur atau kantuk mengalahkan anda, Setelah Sholat Shubuh kembali membaca Basmalah 121 x,  kemudian tulislah basmalah tsb dengan huruf terpisah pisah ( tidak disambung ) sebanyak 121 x pada kertas putih dengan tinta za'faron setelahnya di kasih misk apa saja yg baik, Maka Demi Alloh yg tidak ada tuhan keculi Alloh ( penyusun kitab Manba'u Usulil Hikmah bersumpah ) , Tidak lah membawa serta tulisan tsb baik pria atau wanita kecuali orang tsb telah menjadi orang yg mulia, dicintai, berwibawa dan wajahnya akan terlihat seperti bulan dimalam bulan purnama oleh setiap orang yg melihatnya.

11. Apabila Basmalah ditulis 8 x disekeliling namanya dengan dairoh dibawah ini, setelah selesai menulis dairohnya kemudian di asapi denga bukhur kayu gaharu, kemudian dia bawa serta dairoh tsb, Maka setiap orang yg melihat kepdanya akan timbul didalam hatinya rasa cinta yg sangat, dan orang tsb akan senantiasa di muliakan diagungkan oleh orang yg melihatnya, inilah Dairoh yg dimaksud :





Didalam lingkaran yang tertulis Fulan diganti dengan nama lahir anda.


B E R S A M B U N G




2 comments:

  1. asalaam... Bait Jaljalutnya alangkah lebih baik klo diberi terjemah, biar tahu artinya. Trim's

    ReplyDelete
  2. Tolong yang jalajalut qubranya di saher dong ..

    ReplyDelete